PJ Kades Nurman Antoni Panen Raya Cabe Merah  Bersama Kelompok  Tani Desa  Seberang Pantai

PJ Kades Nurman Antoni Panen Raya Cabe Merah  Bersama Kelompok  Tani Desa  Seberang Pantai
PJ Kades Nurman Antoni Panen Raya Cabe Merah  Bersama Kelompok  Tani Desa  Seberang Pantai

KUANSING - Meskipun saat ini curah hujan di kabupaten Kuantan Singingi sangat tinggi, tidak menjadikan surut niat dan tekad para petani cabe merah Yang berada di Desa Seberang pantai Kecamatan Kuantan Mudik, hal ini terbukti dengan terhamparnya tanaman Komoditi cabe merah Keriting dilahan pertanian lebih Kurang Seluas  Seperempat Hektar  milik Desa Seberang Pantai. 

Seperti halnya di sampaikan oleh PJ Kepala Desa Seberang Pantai Nurman Antoni kepada awak media di lokasi perkebunan Cabe Merah Keriting di Dusun 1 Desa Seberang Pantai pada hari Senin(13/03/ 2023)  menyebutkan bahwa perkebunan cabe merah ini di biayai oleh dana desa, program  ketahanan Pangan tahun 2022 yang di mulai pada bulan Agustus lalu yang di awali dari pembibitan sampai masa panen saat ini. 

Kegiatan Tanaman cabe merah ini dilakukan oleh kelompok tani yang di Desa kami dengan luas 1/4 Hektar dan sudah bisa dikatakan  berhasil buktinya pada panen pertama kita sudah berhasil mengumpulkan  cabe merah  sebanyak ,1.300 Kg dari 550 batang, dan hal ini tentunya membuat semangat untuk  terus melanjutkan ke yang lebih banyak lagi ujar Norman Antoni. 

Kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan yang sudah bisa menjadi contoh oleh masyarakat lainnya terutama di Desa Seberang Pantai ini, dengan adanya kegiatan ini akan menjadi motifasi bagi masyarakat sehingga timbul keinginan untuk mencoba menanam di tanah dan lahan mereka yang selama ini tidak di menfaatkan atau atau lahan tidur. Tambah Nurman. 

Terima kasih juga saya ucapkan kepada Petugas penyuluh lapangan  (PPL) baik dari kabupaten maupun provinsi yang selama ini sudah membantu dan mendampingi Kelompok tani  dalam Pengembangan  tanaman ini khususnya tanaman cabe merah paparnya. 

Kegiatan ini murni dari masyarakat untuk masyarakat juga, kerena semua yang bekerja di lahan ini merupakan warga Tempatan, si pembeli dan penjual dari Komoditi Cabe Merah ini juga masyarakat dengan cara menjualnya diantar kerumah warga (COD) dengan harga di bawah harga pasar saat ini, untuk itu, kepada pemerintah kabupaten Kuantan Singingi Agar dapat memberikan bantuan  alat atau mesin Robin untuk mengeringkan lahan, karena tidak adanya irigasi dan penyaluran air, yang saat ini mengenang dilahan yang kami kelola karena di lahan ini adalah lahan  persawahan. 

Terakhir PJ Kades Nurman Antoni juga menambahkan untuk tahun 2023 ini kita memiliki kegiatan pertanian lainya ada tiga item yaitu Penanaman Jagung, ternak ayam kampung dan pembibitan  Sawit, insya Allah kita akan laksanakan secepatnya dan mudah-mudahan berhasil nantinya tutup Nurman Antoni yang di dampingi oleh ketua kelompok dan sekaligus penanggungjawab kegiatan dalam pengamanan cabe merah Yendra Nofrion, Serta Fitri Yanti (PPL) dan perangkat Desa Seberang pantai

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index